Friday 25 February 2011

Zaki, Sukses Berkat Dunia Maya


By on 07:56

Mapan di usia muda menjadi idaman banyak orang. Namun tidak banyak yang bisa mewujudkannya. Berbeda dengan Muhammad Zaky, warga Kelurahan Bintoro Kecamatan Demak. Meski usianya baru 26 tahun, ia mampu menjadi wirausaha yang bersinar.

plaza_officeKini pria berkacamata minus itu menekuni tiga bidang usaha yang semuanya tidak saling terkait. Sebut saja, Plaza Office, Fren’s Juice Franchise (jus buah) dan Fateeha Moslem’s Gallery (baju muslim).

Untuk memajukan usahanya ia merambah pemasaran di dunia maya dengan membuka website , seperti www.frensjuice.com, www.plaza-office.com, www.fateeha.com, dan www.labelbaju.com.

Plaza Office jadi perusahaan kebanggaannya. Maklum, perusahaan yang menyediakan jasa kantor virtual pertama di Jawa Tengah. Selain itu, Plaza Office juga menawarkan asistensi virtual bagi para pelanggannya. Tak hanya itu saja, Zaky juga menawarkan pendampingan pemasaran online dalam membantu kliennya untuk mengembangkan bisnisnya.

Zaky mengatakan, apa yang digelutinya sekarang ini tidak terlepas dari perkembangan dunia bisnis. Selain itu, membangun tim dan sistem bisnis yang bagus, serta memaanfaatkan teknologi yang ada, seperti internet dan sosial media. Ia berharap ke depan bisnisnya terus berkembang.

Zaky mengungkapkan, perkenalan dunia bisnis itu dimulai sejak ia masih duduk di bangku kuliah, tepatnya semester lima di Unisbank. Ia memulainya dengan berjualan buku tiap kali ada event di kampusnya. Tak hanya buku, ia juga membuat desain grafis hingga menjajakan jus buah.

Terlahir dari kalangan keluarga berada, tak membuat sarjana sistem informasi itu berpangku tangan. Berharap bisa bermanfaat bagi orang lain, ia membuka banyak lapangan pekerjaan. Selepas kuliah, bapak satu anak ini memutuskan untuk berwirausaha. Berbekal pengalaman  semasa kuliah itulah ia merintis usaha dari nol.

Suami Rizki Warastuti (26) ini mengaku memulai usaha dari apa yang ia punya. ”Misal buka usaha jus, saya ada tempat bagus di depan rumah. Lalu saya mengajak teman-teman untuk bergabung membantu modal dan operasional. Alhamdulillah dapat sambutan bagus dari teman-teman,” ujarnya, kemarin.

Untuk bisa eksis hingga kini, menurut Zaky bukan perkara mudah. Teman-teman yang ikut berjuang, lanjutnya, ada yang memilih berhenti lantaran mereka ada yang diterima sebagai PNS atau bekerja di perusahaan.

Meski demikian, ia tidak patah semangat. Fokus pada apa yang bisa dilakukan dan dimiliki. Intinya jangan menyalahkan keadaan atau orang lain.  Dia sadar betul untuk berkembang tidaklah bisa bertumpu pada diri sendiri. Berbagai komunitas  diikuti, agar bisa saling berbagi. (*/SM)

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 comments:

Post a Comment